Raja Komputer Masih di Pegang Apple

Apple Masih Raja Komputer

Jakarta – Meski penjualan komputer mengalami penurunan. Posisi Apple sebagai raja di pasar komputer belum tergantikan.

Lembaga analis independen Canalys baru saja merilis data penjualan komputer dunia sepanjang kuartal pertama tahun 2016. Mereka menghitung penjualan desktop, notebook, hybrid dan tablet.

Dari data Canalys, sepanjang triwulan pertama, pengapalan perangkat komputer mencapai 101 juta unit. Angka tersebut turun dari 115,7 juta unit di periode yang sama tahun 2015.

“Pasar PC dunia tidak terlalu baik di awal 2016. Kondisi ini merembet ke kuartal berikutnya,” jelas Tim Coulling, analis senior Canalays seperti dikutip dari Cult of Mac, Selasa (10/5/2016).

Dari total pengapalan di kuartal pertama, setengahnya didominasi oleh perangkat besutan Apple. Pengapalannya mencapai 14 juta unit.

Meski pencapaian tersebut mempertahankan posisi Apple sebagai yang nomor satu di pasar komputer dunia. Tapi sejatinya perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat itu mengalami penurunan 13% dari tahun lalu.

Di bawah Apple, ada empat vendor yang turut menguasai pasar komputer dunia. Secara berurut ada Lenovo, Hewlett-Packard (HP), Dell dan Samsung. Dari keempat vendor tersebut, Dell yang tidak mengalami penurunan signifikan.

Pihak Canalys turut mencatat penjualan tablet yang memberik kontribusi besar terhadap penurunan penjualan komputer. Mereka menghitung hanya 39 juta unit tablet yang terjual. Angka tersebut turun 15% dari tahun lalu.

“Masa keemasan tablet telah berakhir, kini pasar telah matang. Penjual tablet akan mengalami penurunan kecuali vendor membawa inovasi baru ke pasar,” pungkas Coulling.
(afr/ash)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*