Presiden Putin : Bukan Waktu Yang Cocok Saat Ini Menyerang Aleppo

presiden-putin-bukan-waktu-yang-cocok-saat-ini-menyerang-aleppo

Presiden Putin beranggapan tak patut terhadap saat waktu ini melanjutkan serangan pada Aleppo, kata Juru berkata Kremlin, Dimitry Peskov seperti dilansir AFP, Sabtu 29 oktober 2016.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengemukakan bahwa bukan waktu yang cocok saat ini menyerang Aleppo. Pendapat Putin terkandung kepada menyikapi opini Kementerian pertahanan Rusia yang mau moratorium pemboman dicabut.

Sebelumnya Kementerian pertahanan Rusia dengan cara mengejutkan menyatakan sudah meminta Putin untuk mengijinkan Angkatan udara Rusia melanjutkan serangan ke Aleppo. selama 10 hari terakhir serangan dihentikan.

Aleppo yang adalah kota terbesar di Suriah sebelum konflik pecah sejak lima tahun dulu, terbagi antara sektor yang dikuasai rezim pemerintah dan sedang dikuasai oposisi yang mau melengserkan Presiden Bashar al-Assad.

Dalam serangan terkini di Aleppo kepada Jumat 28 oktober 2016, sebut Syrian Observatory, group pemberontak menewaskan lebih dari 15 masyarakat sipil dan melukai 100 orang yang lain. Serangan ditargetkan di daerah Aleppo yang dikuasai rezim pemerintah Suriah.

Pengeboman di Aleppo ini berlangsung selang sehari sesudah serangan udara berkaitan sebuah sekolah di Idlib, yang berjarak 50 km dari Aleppo. Serangan udara terhadap Rabu 26 oktober 2016 itu menewaskan 22 anak sekolah dan enam gurunya.

Peskov menekankan bahwa walaupun tertunda melaksanakan pemboman di Aleppo, namun Rusia bakal mengerahkan segala cara untuk mensupport tentara Suriah apabila diperlukan. Pihak Rusia mempunyai hak mengirimkan semua pasukan dan berikan fasilitas yang ada bagi mensupport Angkatan Bersenjata Suriah, kata Peskov.

Negara-negara Barat menyalahkan militer Suriah dan angkatan udara Rusia atas serangan itu, namun Rusia sudah membantah terlibat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*