Ngantor Di jalan Jika Terjadi Macet dengan Memanfaatkan 4G

Macet + 4G = Ngantor di Jalan

Surabaya – Layanan 4G LTE semakin gencar digeber oleh operator di Indonesia, dengan akses internet kecepatan tinggi. Tak hanya soal download, namun juga upload.

Ya, kecepatan upload di jaringan 4G ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, misalnya saja menunjang mereka yang sering melakukan urusan kantor di jalanan. Di Jakarta, kemacetan parah membuat tren ngantor di jalan kian marak.

Ngantor secara mobile ini butuh speed tinggi, orang kan sekarang banyak yang bawa komputer di jalan. Mereka tak mau meninggalkan aktivitas di kantor walau terjebak macet,” kata Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat Ooredoo saat uji jaringan Indosat menjelang bulan Ramadan di jalur Surabaya-Malang.

Menurut Joko, dulu mungkin seorang bos cukup memantau kantor melalui SMS atau panggilan suara. Kemudian berlanjut melalui email via BlackBerry. Namun seiring berjalannya waktu, mereka juga butuh mengirimkan file berukuran besar.

“Kadang di jalan, mereka butuh mengirimkan sesuatu yang besar, misalnya file soal proyek atau video. Itu sebabnya dibutuhkan speed tinggi,” jelasnya.

Maka operator seperti Indosat mencoba memaksimalkan kecepatan upload. Saat uji coba di kota Surabaya dalam jaringan 4G, kecepatan upload Indosat mampu tembus 12 Mbps.

Memang kecepatan upload di jaringan 4G lebih mumpuni dibandingkan 3G. Joko menyatakan, kecepatan upload 4G bisa mencapai separuh kecepatan download sedangkan upload di 3G cuma sekitar seperempat dari angka download.

“Kenapa kecepatan jaringan berkembang ya karena ada demand yang membawa ke sana. Contohnya pengusaha sekarang bisa ngontrol bisnisnya tanpa perlu ketemu langsung,” pungkas Joko.

Di sisi lain, cepatnya akses di jaringan 4G membuat penggunanya seakan lapar terhadap data. Meski user 4G masih lebih sedikit dibandingkan 3G, penggunaan data mereka lebih besar.

Hal itu menurut Joko wajar saja, karena kecepatan tinggi membuat user bisa keranjingan, misalnya gemar download sehingga data lebih cepat habis. Singkatnya waktu untuk download membuat user bisa tergoda untuk terus melakukan pengunduhan.
(fyk/ash)

Incoming search terms:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*