Nexus Berhenti Mengeluarkan Produk Nexus

HTC Hentikan Produksi Tablet Nexus 9

Jakarta – Setelah sempat mencicipi manisnya pasar tablet, HTC memutuskan untuk tak lagi memproduksi Nexus 9, tablet yang dirilisnya pada akhir 2014.

Juru bicara HTC mengonfirmasikan bahwa Nexus 9 tak lagi tersedia di toko online Google Play. Sementara stok yang masih tersisa masih bisa dibeli melalui situs resmi HTC.

Seperti dikutip detikINET dari Tech Times, Jumat (27/5/2016), ketika barang yang tersisa tersebut habis, HTC tidak akan lagi memproduksi tablet Nexus tersebut. Untuk versi 32 GB dengan layar 8,9 inch, tersedia pula di sejumlah retailer seperti Amazon seharga USD 375.

Popularitas tablet sepertinya memang perlahan memudar. Secara keseluruhan, permintaan tablet mengalami penurunan dalam beberapa kuartal terakhir.

Berdasarkan laporan International Data Corporation (IDC), pangsa pasar tablet global berkurang drastis di kuartal akhir 2015. Tercatat ada 65,9 juta tablet dikapalkan pada periode tersebut. Pengapalan ini mengalami penurunan 13,7% jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2014.

Namun HTC mengelak jika dikatakan tabletnya tidak laku. Dikatakan HTC, dihentikannya produksi Nexus 9 bukan karena menurunnya permintaan, namun karena tablet tersebut sudah mencapai akhir siklus produksi.

Sebelumnya, HTC pernah merilis tablet — HTC Flyer — pada 2011, yang tak terlalu terdengar gaungnya. Setelah absen tiga tahun dari dunia tablet, Nexus 9 membawa angin segar. Meski punya sejumlah kekurangan, tablet ini mendapat banyak pujian dari sejumlah media.
(rns/ash)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*