Kekerasan Atas Nama Agama Diawali Fatwa MUI

kekerasan-atas-nama-agama-diawali-fatwa-mui

Beritahok.com – Menurut Adnan, Lembaga MUI lah yang seharusnya menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas terjadinya dan maraknya kekerasan yang mengatasnamakan Agama di Indonesia. Fatwa aliran sesat yang sering mereka keluarkan kerap sekali berubah menjadi aksi penyerangan dari sebagian kelompok dan keyakinan tertentu.

Terkait hal ini, MUI sebaiknya dibubarkan menurut Adnan Buyung Nasution. Kata kata ini dia lontarkan dalam diskusi radio yang bertemakan Evaluasi toleransi beragama da,an pemerintahan SBY-JK. Dia melanjutkan Saya berfikir kalau mUI sebaiknya dibubarkan saja.. ini merupakan pendapat pribadi saya lho. – ujar pria yang sering berambut putih ini. Hal serupa pula sering dilontarkan oleh mantan presiden Gusdur. Namun pendapat penjabat tokoh NU ini justru lebih lembut.

Selanjutnya, daripada MUI dibubarkan sebaiknya diganti saja jajaran pemimpinnya. Memang MUI sering dipakaiu untuk Departemen Agama kalau ada apa apa.

Dengan adanya MUI justru perannya sangat mencolok untuk menyulut kekerasan keadagamaan menjadi isu sentral pada sepanjang diskui yang juga dihadiri oleh wakil korban. Dan juga fatwa MUI ini dilapangan menunjukkan posisi berada diatas konstitusi yang seharusnya menjadi rujukan utama aparat penegak hukum.

Sebagai contoh pernyataan jaksa agung Hendraman Supanji yang menunggu fatwa MUI untuk melakukan tindakan hukum kepada sekelompok keyakinan atau aliran agama yang dianggap sesat. Hal ini bertolak belakang dengan pernyataan UUD dimana setiap warga negara bebas memeluk agama dan keyakinannya.

1 Comment

  1. Negara kita harus memegang satu hukum yaitu hukum berdasarkan uud 45 dan pancasila diterapkan kedalan binneka tunggal ika. Hukum agama milik masing2 agama2 diindonesia. Hukum agama dlm berbangsa bernegara berazaskan hrs bertindak dibawa hukum nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*