Fahri Hamzah dilaporkan ke MKD setelah di Pecat PKS

Fahri Hamzah dilaporkan ke MKD setelah di Pecat PKS - BeritAhok.com

 

BeritAhok – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Fahri, yang telah dipecat oleh PKS ini, dianggap menyalahgunakan fasilitas DPR untuk kepentingan pribadi.

Laporan yang disampaikan oleh Aliansi Masyarakat Peduli Bangsa (AMPB) ini terkait tayangan Warta Parlemen yang memkabarkan pencalonan Fahri Hamzah sebagai caketum Ikatan Alumni UI (ILUNI) selagi 1 menit 59 detik. Tayangan itu lalu ditampilkan di TV swasta sebagai bentuk advertorial.

“Biaya produksi serta penanyangan iklan terdebut didanai APBN yang adalah uang rakyat. Dirinya memakai tayangan TV yang didanai biaya APBN untuk kepentingan pribadi,” kata Ketum AMPB Suwitno saat melapor di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (25/4/2016).

Dalam pelaporannya, AMPB menyertakan bukti berupa tayangan Warta Parlemen pada 20 April 2016 pukul 06.50-07.00 WIB. Menurut Suwitno, sewajibnya tayangan itu hanya berisi kegiatan yang berhubungan dengan DPR.

“Isinya kan tak ada kaitannya dengan kinerja DPR,” ungkapnya.

AMPB berpendapat Fahri meperbuat pelanggaran kode etik dengan sengaja, sadar serta terencana. Oleh karena itu, mereka meminta aduan terhadap Fahri ini diproses.

“Supaya segera mengecek serta menyidangkan Fahri Hamzah dalam sidang kode etik dengan cara terbuka,” papar Suwitno.

AMPB membantah sengaja melaporkan ini sehubungan dengan pemecatan Fahri. Mereka juga menegaskan tak terafiliasi dengan salah satu pihak di ILUNI UI.

“Tidak ada, ini berlaku untuk siapa saja anak buah dewan,” ucap Suwitno.

“Tuntutan ini disampaikan sebagai peringatan serta pelajaran terhadap semua pihak, para pejabat negara, terutama DPR RI supaya tak mudah memakai fasilitas negara alias segala faktor yang dibiayai uang rakyat untuk kepentingan pribadi alias kelompok,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*