Dana 24 Milyar Untuk Bersihkan Kali Citarum

Dana 24 Milyar Untuk Bersihkan Kali Citarum - Beritahok.com

Dana 24 Milyar Untuk Bersihkan Kali Citarum - Beritahok.com

Beritahok.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan anggaran sekitar Rp24 miliar untuk menjaga dan memelihara Sungai Citarum melalui Gerakan Citarum Bestari pada tahun 2016.

“Akan ada sekitar 12 ribu oang lebih akan terlibat dalam Gerakan Citarum Bestari yang dilaksanakan pada 2 hingga 8 Juni 2016. Adapun anggaran yang disiapkan sekitar Rp24 miliar,” kata Ahmad Heryawan, Jumat (27/5).

Ia mengatakan selain aksi bersih-bersih induk dan tujuh hulu Sungai Citarum selama enam hari nanti pihaknya akan mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah dan limbah. Ajakan tersebut, kata dia, tertuang dalam lima “Gerakan Tidak” terkait menjaga kelestarian Sungai Citarum yakni yang pertama tidak menebang pohon di sekitar kawasan tersebut.

“Kami mengajak masyarakat agar tidak menebang pohon. Keberadaan pohon ini sangat penting agar semakin banyak air yang terserap kembali,” kata dia.

Kemudian, lanjut Aher, pihaknya mengajak masyarakat agar tidak membuang limbah ternak, tidak membuang limbah rumah tangga, tidak membuang limbah industri, dan tidak membuang sampah.

“Kita komitmen sama-sama, tidak buang sampah ke Citarum, baik fisik dan non fisik atau kimia,” ujarnya.

Dikatakan dia dengan langkah ini maka diharapkan tidak ada lagi pihak-pihak yang mengotori Sungai Citarum.

“Dalam konteks pemprov ini disebut gerakan sosial,” katanya.

Pihaknya menjelaskan Gerakan Citarum Bestari ini tidak termasuk dengan pengerukan sungai karena upaya untuk mengurangi pendangkalan Sungai Citarum ini merupakan tugas pemerintah pusat dalam hal ini Balai Besar Wilayah Sungai Citarum.

Lebih lanjut ia mengatakan sekitar 12.000 orang yang terdiri dari personel TNI, Polri, mahasiswa, relawan Pengembangan Desa Berbudaya Lingkungan (Ecovillage) dan masyarakat umum akan terlibat dalam Gerakan Citarum Bestari yang dilaksanakan pada 2-8 Juni 2016.

“Tadi pagi kita rapat koordinasi tingkat pimpinan untuk memantapkan rencana tanggal 2 Juni yang akan datang. Kita akan meluncurkan Citarum Bestari dengan melibatkan lebih banyak pihak, TNI dan Polri,” kata dia.

Incoming search terms:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*